MUTIARA ILMU: SEKATEN

Rabu, 07 Agustus 2024

SEKATEN

**.
Para saudaraku tercinta, salam Budaya!!! Selamat pagi semuanya. Teriring segala Do'a dan salam hormatku *penuh cinta*.Amiin!!!
Saudara,saya yakin.Panjenengan semua pasti pernah ke Solo dan melihat Sekaten .Atau memerlukan waktu untuk Sholat di Masjid Besar Kraton Kasunanan Surakarta Adiningrat.
Secara Adat Tradisi,setiap bulan Maulid tahun Hijriyah , Keraton pasti mengadakan Sekaten dan Grebeg Maulud. Dimana,Gongso /gamelan Dalem Kyai Guntur Madu dan Nyai Guntur sari ditabuh dengan upacara yg.sakral . Mengiringi menyemarakkan suasa  na Sekaten. Secara tradisi turun temurun,disana banyak orang jualan yg. Khas Sekaten.
*Dari Nasi Liwet. Telor Bebek.Ronde.Sekoteng.Wajik.Trasikan .Sampai Pecut/cemeti ,seruling dan gasing dlsb.
Yang paling uniqe dan tak boleh di lupa ,orang  menikmati suara gamelan Sekaten sambil memakan sirih. Menenangkan diri dan berdo"a secara bathin .Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat . ISthigfar,zighrullah dan mendengungkan Sholawat Nabi. ....ceritanya begini ;
Itu semua adalah ajaran Para waliyullah tanah Jawi. Sunan Bonangn dan Sunan Kalijaga. Yg.
Intinya;kita manusia ini yg.sudah diKasihi dan di Anugerahi serta diberi Ridzki oleh Allah Swt. Janganlah lupa.Senantiasa ucapkanlah Syukur Agung dan beribadahlah dengan ketaatan dengan ikhlas dan belajar agama yg. Lurus. Ucapkaan Dua Kalimah Syahadat.
Dijaman dahulu,orang datang ke Masjid sambil membawa seKati beras (sepikul /_+ 40kg.)untuk disedekahkan.Kepada para fakir miskin.Yatim piatu dan para duafa.
Kita telah diajari beribadah dan memberikan sebagian rezekinya ke pada yg.membutuhkan.Serta bersujud dan merunduk bersama sama orang yg.merunduk.
Memakan sirih ada 7macam pokok hikmah ajaran dari materi pokoknya.
1.Sirih /Suruh Hayu.
   Maksudnya; Manusia haruslah se lalu *ngangsu kaweruh lan ngelmi kang tansah gawe rahayu.Selamet donya tumekeng delahan. Tuntunan Sejati ,Pengetahuan dan Ilmu yg.membawa keselamatan kita fii dunnya wak akhirroch wal kiyamah.
2.ENJET / Sekapur sirih.Rasanya pahit dan getir. Orang Jw.menyebutnya *enjet*.Maksud nya , Semua greget dan grenjet semangat dan daya hidup ,baik suka dan duka, Niatnya harus ikhlas dan Suci kepada Allah Swt.
3.GAMBIR. Mengandung arti ,bahwa segala sesuatu amal perbuatan manusia dan tingkah laku ucapanya ,Harus *Gamblang * artinyA *jelas*.Ben ora sisip semBIR *. jangan sampai tidaK jelas .rancau dan abu abu yg.akhirnya berkembang menjadi keruwet hidup serta kegelapan.
 4 .JAMBE .Pepatah ;*ono Santri Menek Jambe.Lunyu lunyu peneken*.artinya ;orang yg.bercita cita mencapai kelangit itu harus berjuang dengan gigih. Jalannya sirrottholmustaqhiiiin.Licin berliku sempit dan sangat rumit. Capailah dengan tekun taqwa kesungguhan hati yg. ilkhlas. Karena manusia harus mengingat jaman akhiroh nantinya.(Ngelingono Jamane tembe/yg.akan datang ) Baik untuk diri kita dan generasi kita nantinya.
5.SUSUR /sekepal bulat tembako.
Maksudnya peringatan agar hidup kita tidak dengan cara yg. Sesat.Atau sasar susur hambelasar. Jangan sampai menjadi orang jahilliyah.
6.KECOHAN. Itu semua doa dan sumpah leluhur 1-5.harus dilaksanakan.Kalau tidak,akan kena kutukan leluhur/Pepacuhing Leluhur.Sumpah Supoto Leluhur.Karena kita dianggap ma kar kepada Allah. Atau dianggap tidak taat kepada Allah.
7.DUBANG. Dari kata ; Idu abang.Atau ; Ludah merah.Sebagai simbol hubungan darah -trah - roch jiwanggo.Sehibgga yg.tidak taat akan dikutuk *Murtad*dibuang dari hubungan pertalian darahnya.
*Dubang ;Dudu Bangsane keTurun nan lan anak putuku.Trahku !
Hono dene kang do tuku. PECUT,CELENGAN dan Endogkamal (telur asin).Maksudnya,pecuten awakmu .Mumpung masih hidup.Nyelengi Amal kebajikan dan amalan sholeh sebanyak mungkin.Agar hidup membawa manfaat syafaat yg.ridhlo.Tabungan akhiroh.
SEGO LIWET. Niat SEDYO tansah diGOWO.SAKjroning gowo gawe ( Iman dan Taqwanya). OJo nganti laLi Wektu. Maksudnya,jangan sampai meninggalkan Sholat 5 waktu. Dan senantiasa mengucapkan 2 Kalimah syahadat.
TERASIKAN.Maksudnya ; Terusno seksi lan laku suci nganti tekaning jaman akhir. Amiin !!!
DEMIKIAN KIRA KIRA CERITERA  *SEKATEN *. wallahhuallammabishawab.
Saalaaaaaaaam.......

Pisungsun : RM. Djoko Budi Suharnowo (KPPA Widjoyo Adiningrat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar