MUTIARA ILMU: SINGA CIREBON SANG PENDEKAR PILIH TANDING.

Minggu, 21 Juli 2024

SINGA CIREBON SANG PENDEKAR PILIH TANDING.

JEJAK SEJARAH YANG DILUPAKAN.
 

SINGA CIREBON
SANG PENDEKAR PILIH TANDING. 

BRIGJEN KH ABDULLAH ABBAS BUNTET.

1.Lahir 7 Maret 1922. Meninggal 10 Agustus 2007. Pengasuh ponpes Buntet Astana Japura , Cirebon.

2.Agenda terahir memberikan , penggemblengan, membaiat dan meng ijazahkan aurodul khosh tongkat Ba Tho Ha pada giat Diklatsar Banser BATAM  angkatan Pertama tahun 1998/1999 .
Amalan ba tho ha adalah amalan husus bagi para Banser angkatan lama , faidah menciptakan senjata secara langsung saat di Medan pertempuran untuk bekal ,senjata dan tameng melawan musuh dg senjata moderen.

3.KH ABDULLAH ABBAS Panglima / komandan tertinggi Laskar di mulai dari Kepala staf Batalyon HizbullohSabilillah wilayah Cirebon  raya pada masa perang fisik melawan Belanda.
Aktif di TNI angkatan pertama dengan pangkat Letnan muda sampai  Brigjen TNI AD.Batalyon 315 Resimen 1 Siliwangi.
Beliau berarti aktif sebagai komandan Laskar Hizbullah Sabilillah dan Komandan TNI dari 1940 -1980.

Beliau SBG Dewan khosh era PBNU pimpinan Gus Dur. Beliau juga Alumnus ponpes Tebuireng Jombang asuhan HADROTUSYEKH KH Hasyim Asy'ari.

Beliau ikut serta berperan aktif mengembalikan NU pada khithoh NU 1926.
Beking kuat Gus Dur dalam muktamar NU 26 di Cipasung Jabar shg Gus Dur terpilih kembali jadi Ketum PB NU dan jadi tameng serangan orba pada saat itu.

4.KH ABDULLAH ABBAS BUNTET adalah berjuluk Singa dari Cirebon . Gelar dari Masyayikh NU karena jadi penentu di mulainya Perang fisik arek arek Suroboyo yg di PANDEGANI Bung Tomo ( murid / santri KH Hasyim Asy'ari) Dalam Perang 10 November 1945 ( di jadikan hari pahlawan). Perang Palagan Surabaya melawan pasukan Inggris ( PBB ) di bantu Gurka dan di boncengi Belanda , akan di mulai setelah resolusi jihad tsb menunggu kedatangan KH Abdullah Abbas Buntet sampai ke Surabaya.
KH ABDULLAH ABBAS BUNTET datang sampai kesurabaya berbarengan dengan datangnya Pasukan Kuda Putih di pimpin Syekh KH Mahfudz Somalangu  / komandan Laskar HIZBULLOH Sabilillah wilayah Kedu bagian Selatan/ kebumen  ( Mbah Somalangu kebumen ).

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar