MUTIARA ILMU: RAHASIA ISTIGHFAR

Minggu, 22 Januari 2023

RAHASIA ISTIGHFAR


Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh 

Istighfar adalah memohon ampun pada Alloh dengan kalimat : "Astaghfirullohal 'aziim" atau kalimat lain yang semakna. Permohonan ampun ini dilakukan dengan hati yang tulus, dan dibarengi dengan penyesalan atas kesalahan serta bertekad untuk tidak mengulanginya.

7 Rahasia istighfar tersebut adalah :

1. Mendatangkan ampunan dari Alloh : "Maka aku katakan kepada mereka : Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun". (QS Nuh: 10-12)

2. Mengatasi kesulitan dan terbukanya pintu rizki : "Barang siapa beristighfar secara rutin, pasti Alloh memberinya jalan keluar dalam mengatasi setiap kesulitan, setiap kesempitan dan memberi rizki yang tiada terhingga kepadanya". (HR. Abu Daud)

3. Menambah kekuatan iman : "Dan (Hud berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Rabbmu lalu taubatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu…" (QS Hud: 52)

4. Memperoleh banyak kenikmatan : "Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu dan bertaubat kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan”(QS Hud:3)

5. Turunnya rahmat : "Hendaklah kamu meminta ampun kepada Alloh, agar kamu mendapat rahmat" (QS An-Naml:46)

6. Sebagai kafaratul majlis : "Barangsiapa yang duduk dalam satu majlis (perkumpulan orang) lalu di dalamnya banyak perkataan sia-sianya, kemudian sebelum ia bangkit dari majlis membaca (istighfar) "subhaanakallaahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atuubuilaik" maka ia akan diampuni kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya selama di majlis itu" (HR. Turmudzi)

7. Terhindar dari azab Alloh : "Dan tidaklah Alloh akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun" (QS. Al Anfal:33)
@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar