MUTIARA ILMU: Menjelang haul 1 abad Syaikhona kholil : amalan “praktis” dari Syaikhona Kholil untuk melancarkan rezeki.

Sabtu, 28 Januari 2023

Menjelang haul 1 abad Syaikhona kholil : amalan “praktis” dari Syaikhona Kholil untuk melancarkan rezeki.



Amalan ini sebenarnya sudah saya share lebih dari 1 x baik di Facebook atau di Instagram. dalam salah satu manuskrip yang kami temukan, Syaikhona Kholil menuliskan sebuah amalan untuk istri beliau dalam bentuk tulisan pegon : 

" doa alebuh ka roma hale andingenaken soko kanan  : 

‎السلام علينا و على عباد الله الصالحين 
 
Maka macah surat ikhlas sapesan, niscaya romanah benyak kebhegusanah, rejekeh jember mala-mala amber dek tetanggenah, mala-malah reah kecator dalam ketab hadits " 

( doa masuk rumah dalam keadaan mendahulukan kaki kanan. 

‎السلام علينا و على عباد الله الصالحين 

Kemudian membaca surat Ikhlas satu kali. Niscaya rumahnya akan banyak kebaikan, rezeki luas sampai-sampai "meluber" kepada para tetangganya. Bahkan amalan ini juga disebutkan dalam kitab hadits )

Namun kali ini saya tuliskan kembali, karena dulu saya sering lupa mengamalkan, tapi akhir-akhir ini amalan ini saya istiqomahi dan saya benar-benar merasakan manfaatnya. pada waktu itu saya juga agak menyangsikan, hadits Nabi yang mana yang dimaksut oleh beliau ? ternyata memang ada haditsnya. 

Pertama hadits dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir : 

‎مَن قرأَ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ حينَ يدخلُ منزلَهُ نَفَتِ الفقرَ عن أهلِ ذلكَ المَنزلِ والجيران

“ Barang siapa membaca surat Qulhu ketika memasuki rumah, maka surat itu akan mengusir kefakiran dari penghuni rumah tersebut dan dari para tetangganya “ 

Kedua hadits dalam Tafsir Al-Qurtubi :

‎ ﻋﻦ ﺳﻬﻞ ﺑﻦ ﺳﻌﺪ ﺟﺎﺀ ﺭﺟﻞ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺷﻜﺎ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﻔﻘﺮ ﻓﻘﺎﻝ : ﺇﺫﺍ ﺩﺧﻠﺖ ﺑﻴﺘﻚ ﻓﺴﻠﻢ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﺃﺣﺪ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻓﻴﻪ ﺃﺣﺪ ﻓﺴﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺴﻚ ، ﻭﺍﻗﺮﺃ ﻗﻞ ﻫﻮ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺣﺪ ﻣﺮﺓ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻓﻔﻌﻞ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻓﺄﺩﺭ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺭﺯﻗﺎً ﺣﺘﻰ ﺃﻓﺎﺽ ﻋﻠﻰ ﺟﻴﺮﺍﻧﻪ

Sahal bin Sa’ad berkata:

 “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Saw. dan mengadukan kefakiran yang menimpanya. Lalu beliau bersabda: “Apabila kamu masuk ke rumahmu, ucapkanlah salam jika ada seseorang di dalamnya. Dan jika tidak ada orang di dalamnya, ucapkan salam untuk dirimu, dan bacalah Qul Huwallaahu Ahad satu kali”. 

Lalu laki-laki tersebut melakukannya. Maka Allah melimpahruahkan rizki orang tersebut, sehingga mengalir kepada para tetangganya.”

Ternyata Syaikhina Maimun Zubair juga sering menganjurkan amalan yang sama kepada para santrinya . Dawuh beliau :

“ Mbesok nek wes ning omah-omah, ojo lali, angger mlebu omah moco Qulhu ping pisan.” (Besok jika sudah berumah tangga, setiap masuk rumah jangan lupa membaca surat Al-Ikhlas sekali ) 

Gus Baha’ juga pernah dawuh, jika amalan baca “assalamu alaina” setiap masuk rumah ini merupakan amalan barokah dan anti fakir, tapi kata beliau perlu dilatih terus karena meskipun simple dan mudah, namun amalan ini masih gampang kita lupakan

Silahkan amalkan, Share dan ucapkan Qobiltu. Ijazah ini bersifat umum lebih-lebih memiliki dasar dalam Hadits-Hadits Nabi 

Ismael Amin Kholil, 26 Ramadhan, 1443 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar