MUTIARA ILMU: SHOLAWAT AZHIMIYYAH {IJAZAH UMUM}

Sabtu, 24 Juni 2023

SHOLAWAT AZHIMIYYAH {IJAZAH UMUM}


﷽ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ayat yang mulia adalah ayat yang memuji Rasulullah ﷺ

Sholawat Azhimiyyah ini dibawa oleh Al-Qutb An-Nafis Al-Imam Akhbar Sayyidi Ahmad Ibn Idris RA melalui talaqqi yang spesial dengan bertalaqqi berhadapan dengan Sayyidina Nabi Muhammad ﷺ dan Sayyidina Khidir (Nabi Khidir).

Rasulullah ﷺ berkata kepada Nabi Khidir AS:

“Wahai Khidir, ajarkan kepada nya (Sayyid Ahmad Ibn Idris) apa yang telah aku ajarkan kepadamu!”

Lalu Nabi Khidir mengijazahkan dan mengajar kan 3 amalan kepada Sayyid Ahmad Ibn Idris yaitu:

1. Tahlil Makhsus
2. Sholawat Azhimiyyah
3. Istighfar Kabir 

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ بِنُوْرِ وَجْهِ اللهِ الْعَظِيْمِ الَّذِيْ مَلَاءَ أَرْكَانِ عَرْشِ اللهِ الْعَظِيْمِ وَقَامَتْ بِهِ عَوَالِمُ الْعَظِيْمِ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ ذِي الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِ اللهِ الْعَظِيْمِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ
وَنَفَسٍ عَدَدَ مَا فِيْ عِلْمِ اللهِ الْعَظِيْمِ صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ اللهِ الْعَظِيْمِ تَعْظِيْمًا لِحَقِّكَ يَامَوْلَانَا يَامُحَمَّدُ يَاذَا الْخُلُقِ الْعَظِيْمِ وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلَى اٰلِهِ مِثْلَ ذٰلِكَ وَاجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَهُ كَمَا جَمَعْتَ بَيْنَ الرُّوْحِ وَالنَّفْسِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا يَقْظَةً وَمَنَامًا وَاجْعَلْهُ يَا رَبِّ رُوْحًا لِذَاتِي مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ يَاعَظِيْمُ

Allâhumma innî as-aluka binûri wajhillâhil ‘adhîmi allazî mala-a arkâna ‘arsyillâhil ‘adhîmi wa qâmat bihi ‘awâlimul ‘adhîmi an tushalliya ‘alâ sayyidinâ wa mawlânâ muḫammadin dzil qadril ‘adhîmi bi qadri ‘adhamatillâhil ‘adhîmi fî kulli lamḫatin Wa nafasin ‘adada mâ fî ‘ilmillâhil ‘adhîmi shâlâtan dâ-imatan bi dawâmillâhil ‘adhîmi ta’dzîman li haqqika yâ maulânâ yâ muḫammadu yâ dzal khuluqil ‘adhîmi wa sallim ‘alaihi wa ‘alâ âlihi mitsla dzâlika wajma’ bainî wa bainahu kamâ jama’ta bainar rûḫi wan nafsi dhâhiran wa bâthinan yaqdhatan wa manâman ya rabba rûḫan li dzâtî min jamî’il wujûhi fiddun-yâ wal âkhirati yâ ‘adhîm.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan cahaya Dzat Allah Yang Maha Agung, yang memenuhi tiang-tiang arasy Allah yang agung. Dengannya, berdirilah alam-alam (ciptaan) Allah Yang Maha Agung, agar sholawat tersampaikan atas pelindung kami, Muhammad saw, yang memiliki derajat yang agung, sebesar keagungan Dzat Allah Yang Maha Agung dalam setiap kedipan dan napas, Sebanyak apa yang ada (tertulis) dalam ilmu Allah Yang Agung. Dengan sholawat yang abadi seiring keabadian Allah Yang Maha Agung untuk mengagungkan kedudukanmu, wahai junjungan kami, wahai Muhammad, wahai yang memiliki akhlak yang agung. (Ya Allah) sampaikanlah salam kepada beliau serta keluarganya seperti yang demikian (disebut) itu. Kumpulkanlah aku dengannya sebagaimana Engkau kumpulkan antara ruh dan napas, secara lahir maupun batin, dalam keadaan terjaga maupun tidur. Jadikanlah dia, ya Allah, sebagai ruh bagi jiwaku, dari setiap arah di dunia dan di akhirat, wahai Dzat Yang Maha Agung.”

Kelebihan Sholawat Azhimiyyah bagi pendapat Para Ulama, Waliyullah dan Ahlul Kasyaf: 
1. Sheikh Ibrahim ar-Rashid, beliau berkata (mengenai kelebihan membaca Shalawat Azhimiyyah jika dibaca sekali, melebihi bacaan Dala-il al-Khayrat oleh seribu-ribu kali. (Dia berkata: "seribu" sebanyak 20 kali). 

Sekali baca Shalawat Azhimiyyah adalah seperti membaca 20.000 kali membaca Shalawat Dala-ilul Khairat. Shalawat Dala-ilul Khairat ialah satu kitab tebal yang menghimpunkan beratus-ratus jenis Shalawat yang muktabar. 

Kitab Shalawat Dala-ilul Khairat, yaitu Shalawat setebal 225 halaman. Jika ingin mengkhatamkannya butuh waktu sekitar seminggu.

2.Kisah Pengalaman Kesan Amalan Shalawat al-Azhimiyyah

Telah diceritakan di dalam sebuah riwayat: Seorang anak murid asy-Syaikh Ahmad ibn Idris telah meninggal dunia di Makkah al-Mukarramah dan telah dikebumikan di perkuburan al-Ma‘la (yang juga disebut sebagai al-Mu‘alla).

Seorang Ahli Kasyaf dari kalangan sahabat-sahabat almarhum berada di sana saat almarhum sedang dikebumikan, dan telah memperhatikan beberapa perkara yang sedang terjadi di alam ghaib. Dia telah melihat seorang malaikat turun ke bumi membawa satu hamparan (hidangan) indah dari surga dan satu lampu yang sangat terang. Alam kubur almarhum tersebut telah diluaskan sejauh mata memandang dan hamparan itu telah diberikan kepada almarhum dan lampu yang terang benderang itu pun telah didirikan di sisinya. 

Maka si Ahli Kasyaf itu telah berkata kepada dirinya sendiri: “Apa yang menyebabkan almarhum ini mendapat kemuliaan yang sebegitu besar?” Maka telah dikatakan kepada si ahli kasyaf itu, “Siapapun di antara kalian ingin mendapatkan kemuliaan seperti ini maka hendaknya mengamalkan Shalawat al-‘Azhimiyyah, yang telah diajarkan oleh asy-Syaikh Ahmad ibn Idris.”

3. Telah berkata asy-Syaikh Muhammad ibn Ahmad ad-Dandarawi mengenai kelebihan Shalawat ini: 

Hendaklah engkau menghafalkan Shalawat yang mulia ini sebagaimana engkau menghafalkan Surah al-Fatihah. Sesungguhnya, barang siapa yang menghafalkannya, apabila dia wafat akan diluaskan kuburnya seluas jarak di antara langit dan bumi (sejauh perjalanan) 500 tahun dan akan dibentangkan di sisinya permaidani-permaidani dari surga, dan diterangkan kuburnya hingga Hari Kiamat.

4.Telah berkata pula asy-Syaikh Muhammad Thahir ar-Rasyidi al-Ahmadi: 

Kelebihan Shalawat al-‘Azhimiyyah yang telah diajarkan oleh asy-Syaikh Ahmad ibn Idris ialah, jika ia dibaca sebanyak 12 kali dan dihadiahkan pahalanya kepada mayit yang telah melampaui batas, niscaya dia akan dipindahkan oleh Allah ke dalam golongan orang-orang yang menerima nikmat dari-Nya, yakni golongan al-Anbiya, as-Siddiqin, asy-Syuhada dan as-Sholihin, berkat kemuliaan Shalawat ini.

5. Keshahihannya pun telah dibuktikan oleh mereka dari golongan Ahli Kasyaf dan Ahlillah dengan penyaksian dan penglihatan rohani.

Pahala dan ganjaran Shalawat al-Azhimiyyah akan sentiasa kekal di dunia dan di akhirat. Bahkan pahalanya digandakan dengan penggandaan tanpa hisab, dikarenakan keagungan kata-kata yang terkandung di dalam Shalawat itu. Dan sesungguhnya, kekekalan Allah Yang Maha Agung itu tiadalah ia mempunyai akhir. Maka Shalawat ini pun kekal selama-lamanya, maka penggandaan pahala bagi Shalawat ini diberikan di dunia, di alam barzakh, di padang mahsyar, dan juga di dalam syurga, dan bahkan ia tidak akan sekali-kali hilang.

Telah berkata lagi asy-Syaikh Muhammad ibn Ahmad ad-Dandarawi mengenai kelebihan Shalawat ini:

Kelebihan Shalawat ini bagi siapa yang banyak membacanya ialah ia akan berjumpa dan berkumpul dengan Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam (di alam mimpi dan terjaga).

¬¬¬____________________
KAYFIYATUL ‘AMAL:

Selepas sholat fardhu, baca sekali atau 21 kali, atau semampunya.

Catatan:
Sayyid Habib Al-Haddar Muhammad Al-Haddar mengatakan : "Barang siapa membaca Shalawat Azhimiyyah 3 kali, maka dia akan bermimpi bertemu Nabi ﷺ ".

Sayyid Muhammad Alwi al-Maliki berkata: " Barang siapa membacanya sebanyak 7 kali sebelum waktu shubuh, maka ia dapat berguna untuk mimpi bertemu Nabi ﷺ ". 
(Sumber: Do'a-do'a Bertemu Nabi SAW oleh Habib Husin Muhammad Syadad bin Umar, hal. 146, Pustaka Hidayah)

Habib Ahmad bin Hasan Ra. berkata: "Aku memberi salah seorang sadah (keturunan ahlul bait) ijazah untuk membaca Shalawat ini, setelah ia meninggal dunia, aku mimpi bertemu dengannya, ia berkata kepadaku : 'ketika jasadku diletakkan di kubur, datang makhluk yang menakutkan dari alam barzakh. Shalawat Agung (Azhimiyyah) ini melindungiku hingga lenyaplah rasa takut dari hatiku".

Ada sebuah peristiwa menakjubkan sehubungan dengan Shalawat ini. Al-Arif billah Habib Abu Bakar bin Abdullah 'Atthas memperoleh Shalawat ini dari sayyid Ahmad bin Idris secara langsung. Beliau lalu menulis Shalawat ini dan menyimpannya dalam tas pakaian, saat berlayar di lautan, seorang darwis ahli sir batin dan kasyaf melihat cahaya keluar dari tas Habib Abu Bakar hingga ke langit, ia lalu memberitahukan apa yang dilihatnya kepada Habib Abu Bakar, kemudian Habib Abu Bakar berkata kepadanya, " Tas-ku ini hanya berisi pakaian dan Shalawat". Habib Abu Bakar lalu menunjukan Shalawat itu kepada si Darwisy.

Sayid Ahmad Syarif as-Sanusi Ra. meriwayatkan bahawa Sayyid Muhammad bin Ali as-Sanusi Ra. suatu ketika menerangkan keutamaan membaca Shalawat ‘Azhimiyyah, bahwa sesungguhnya membaca Shalawat ‘Azhimiyyah sekali menandingi bacaan Kitab Shalawat Dala-ilul Khairat sebanyak 33.333 kali. Ditanyakan mengapa demikian? Karena keutamaan Shalawat ‘Azhimiyyah itu disebabkan oleh keutamaan para Guru-guru Ra (yang meriwayatkannya).

Semoga Allah ﷻ merahmati kita, mengampuni kita, menutupi 'aib kita serta mengabulkan semua do'a dan hajat kita segera. Aamiin. 

ﻭَٱللّٰهُ أَﻋْﻠَﻢُ بِٱﻟﺼَّﻮَٱﺏِ 
صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ عَدَدَ نِعَمِ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ عَدَدَ رَحْمَةِ اللهِ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar