MUTIARA ILMU

Kamis, 14 Agustus 2025

๐Š๐ข๐ฌ๐š๐ก ๐‡๐ข๐ฅ๐š๐ง๐ ๐ง๐ฒ๐š ๐ˆ๐ฌ๐ญ๐ข๐ ๐ก๐จ๐ญ๐ฌ๐š๐ก ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐ข๐ฌ๐ฎ๐ฌ๐ฎ๐ง ๐จ๐ฅ๐ž๐ก ๐‡๐š๐๐ฅ๐ซ๐š๐ญ๐ฎ๐ฌ๐ฒ ๐’๐ฒ๐š๐ข๐ค๐ก ๐Š๐‡ ๐Œ๐ฎ๐ก๐š๐ฆ๐ฆ๐š๐ ๐‡๐š๐ฌ๐ฒ๐ข๐ฆ ๐€๐ฌ๐ฒ’๐š๐ซ๐ข



Bagi warga Nahdliyyin, istighotsah adalah amalan yang sudah membudaya. Kadang dibaca tiap selapan sekali (35 hari), seminggu sekali, bahkan ada yang mengamalkan sehari sekali. Tergantung seberapa berat masalah hidup yang dihadapi.

Bacaan dan bilangan istighotashpun berbeda-beda. Wirid istighotsah seperti halnya ukuran obat. Beda dokter, tentu beda pula ukuran dosis yang diberikan.

Dari sekian banyak amalan istighotsah yang sudah diamalkan. Ada satu wirid istighotsah istimewa. Wirid istighotsah ini disusun oleh Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama dan pendiri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang Jawa Timur. Salah satu kiyai yang mendapat ijazah istighotsah dari KH M Hasyim Asy’ari adalah Kiai Luqman, asal Tremas.

Pada Selasa, 23 Syawal 1435 Hijriyah, saya diminta menemani Kiai Luqman pergi ke luar kota. Hari itu beliau memiliki tiga agenda berbeda. Pagi ke Ponorogo, sowan salah seorang kiai sepuh, kemudian siangnya ke Magetan ta'ziyah wafatnya Pengasuh Pesantren Temboro KH Uzairon dan malam harinya mengisi pengajian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI di sebuah desa di Wonogiri.

Kami pergi ditemani oleh isteri Kiai Luqman. Kiai Luqman yang menyetir sendiri mobilnya. Beliau memang kerap membawa sendiri mobilnya tanpa menggunakan sopir pribadi. Dan seperti biasa saya yang disopiri.

Sampai di Ponorogo kami mampir dulu di rumah Gus Munir, salah satu keluarga Pondok Jenes. Kemudian bersama-sama sowan kepada Kiai Fahruddin, Pengasuh Pesantren Thoriqul Huda, Cekok, Kecamatan Babadan, Ponorogo.

Sowan Kiai Luqman ini tentunya dalam rangka “ngalap barokah”, meminta doa-pangestu agar senantiasa istiqamah membimbing santri di Pondok Tremas. Kiai Luqman memang gemar sekali bersilaturahmi, utamanya kepada kiai sepuh. Apalagi saat itu masih dalam suasana hari raya Idul Fitri.

Pada malam hari sebelum sowan, Kiai Luqman sempat berkomunikasi intens dengan salah satu cucu Hadratussyaikh, Gus Zaki Hadziq (Pengasuh Pondok Pesantren Al-Masyhuriyah). Keduanya, saling berbagi kabar penting tentang sebuah wirid istighotsah langka yang pernah disusun oleh Hadratusy Syaikh KH M Hasyim Asy’ari, dan pernah diijazahkan kepada salah seorang putranya.

Entah karena suatu hal. Di Tebuireng sendiri, ternyata teks istighotsah itu sudah “tidak ada” lagi yang menyimpanya. Maka dicarilah informasi, siapakah gerangan santri Tebuireng yang masih menyimpan dan mengamalkanya.

Singkat cerita, didapati kabar ada seorang kiai sepuh di Ponorogo yang masih mengamalkannya. Santri Tebuireng itu adalah Kiai Fahruddin Dasuki. Maka Kiai Luqman segera sowan ke sana.

Di Ndalemnya yang sejuk itu, Kiai Luqman berbincang cukup lama dengan Kiai Fahruddin yang saat itu ditemani beberapa putranya. Perbincangan berlangsung cukup hangat. Hampir dua jam.

Saya yang duduk agak jauh dari Kiai Luqman diberi tugas mendokumentasikan pertemuan antara dua kiai beda generasi itu. Waktu itu saya membawa semacam kamera Flip, kamera kecil khusus untuk merekam video.

Mula-mula Kiai Fahruddin bercerita tentang masa-masa nyantri di Tebuireng, ngaji kepada Kiai Kholiq Hasyim. Kemudian topik beralih seputar pesantren, NU dan Bangsa. Kiai sepuh ini memang dikenal getol menjaga nilai kebangsaan dan kenegaraan.

Yang dapat saya ingat, Kiai Fahruddin juga sempat bercerita tentang peristiwa pernikahan KH Harits Dimyathi, ayah Kiai Luqman, dengan salah satu putri Hadratusyaikh yang bernama Nyai Fathimah. Saat itu Kiai Fahruddin yang masih menjadi santri anyaran turut menyaksikan prosesi ijab qobul antara putra KH Dimyati Tremas itu dengan salah satu putri Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari. Walaupun pada akhirnya ikatan pernikahan itu tidak berlangsung lama.

Di tengah perbincangan, dengan rasa hormatnya Kiai Luqman lalu memberanikan diri “matur”, menanyakan tentang sebuah wirid istighosah yang pernah disusun oleh Hadratussyaikh KH. M Hasyim Asy’ari. Seperti diketahui, Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari selain dikenal sebagai kiai yang mampu menulis berpuluh-puluh kitab, beliau juga menyusun wirid-wirid tertentu untuk diamalkan para santrinya saat itu.

Dengan tutur kata lembut dan penuh kerendahan hati, Kiai Fahruddin menjawab pernah mendapat ijazah wirid istighosah langka itu dari gurunya, KH Kholiq Hasyim. Kiai Kholiq merupakan tokoh Tebuireng generasi ke-5 yang cukup disegani oleh masyarakat, karena memiliki ilmu kanuragan yang cukup tinggi.

Istighotsah itu, kata Kiai Fahruddin masih diamalkannya.  Mendengar jawaban itu, wajah Kiai Luqman tampak bahagia. Sebab salah satu wirid istighosah, saya menyebutnya seperti “Harta Karun” langka telah berhasil ditemukan.

Kiai Fahruddin kemudian mengambil secarik kertas, yang didalamnya berisi wirid istighosah. Menurut Kiai Fahruddin, ijazah istighosah ini diperolehnya langsung dari KH Kholiq Hasyim. Kiai Kholiq mendapat ijazah langsung dari Ayahnya, Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari.

Saya menyaksikan proses pemberian ijazah istighotsah langka itu kepada Kiai Luqman. Sebelumnya, Kiai Fahruddin tampak “berkata dengan lirih (pelan)”, dengan suara yang hanya mampu didengar Kiai Luqman. Sepertinya beliau menyampaikan suatu pesan yang amat penting.

Setelah itu mulailah proses ijab-qobul itu. Kiai Fahruddin mengawali “ijazahan” dengan bacaan basmallah dan shalawat. Lalu beliau juga memberikan tela'ah dan tashih (pembenaran) pada tiap bacaan istighatsah itu. Satu persatu bacaan istighatsah yang diawali dengan Asmaul Husna, istighfar, semua itu beliau bacakan sesuai dengan urutan dan jumlah bacaannya.

Kiai Luqman lalu mantap menjawab “Qobiltu” sebagai akad telah menerima wirid itu. Jadilah transmisi sanad wirid dari Tebuireng ini nyambung ke Tremas. Kiai Fahruddin mengakhiri ijazahan dengan membaca doa dan kamipun ikut mengamininya. Teks istighotsah kemudian disimpan dan dibawa pulang ke Tremas.

Selang beberapa bulan setelah memberikan ijazah ini, Kiai Fahruddin wafat. Namun wirid istighotsah itu sempat diijazahkan pula kepada salah satu dzurriyah Tebuireng, Gus Zaki Hadziq.

Jadi sebelum wafat, Kiai Fahruddin telah “mengembalikan” wirid istighotsah itu ke tempat asal pertama kali wirid itu disusun, yaitu dari Pondok Pesantren Tebuireng.

Kiai Luqman merupakan sosok kiai yang gemar berbagi. Utamanya dalam hal keilmuan. Beliau sangat dermawan, senang berbagi kepada siapa saja dan dimana saja. Lebih-lebih wirid istighotsah yang telah diperolehnya. Seperti pesan dari Kiai Fahruddin, istighotsah itu agar diamalkan oleh para santri dan umumnya warga nahdliyin.

Untuk wirid istighotsah Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari ini, sekarang sudah mulai diamalkan bersama-sama oleh santri Tremas dan dibaca setiap malam Selasa Kliwon. Kiai Luqman sendiri yang memimpin langsung amalan istighotsah ini. 

Adapun teks istighosah milik (yang disusun oleh) Hadlratusy Syaikh KH Muhammad Hasyim Asyrai adalah sebagai berikut:

ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠْู…ِ

ูก – ุฃَุณْู…َุงุกُ ุงู„ْุญُุณْู†َู‰ ูก

ูข – ุฃَุณْุชَุบْูِุฑُ ุงู„ู„ู‡َ ุงู„ْุนَุธِูŠْู…َ ุงู„َّุฐِูŠْ ู„َุง ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„َّุง ู‡ُูˆَ ุงู„ْุญَูŠُّ ุงู„ْู‚َูŠُّูˆْู…ُ ูˆَุฃَุชُูˆْุจُ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ูฃ

ูฃ- ู„َุงุฅِู„َู‡َ ุฅِู„َّุง ุงู„ู„ู‡ُ ุงู„ْู…َู„ِูƒُ ุงู„ْู‚ُุฏُّูˆْุณُ ูกูก

ูค- ูŠَุง ุงู„ู„ู‡ُ ูŠَุง ุญَูŠُّ ูŠَุง ู‚َูŠُّูˆْู…ُ، ูŠَุง ุฐَุง ุงู„ْุฌَู„َุงู„ِ ูˆَุงู„ْุฅِูƒْุฑَุงู…ِ ูกูก

ูฅ- ุจِุณْู…ِ ุงู„ู„ู‡ِ ุจِุนَูˆْู†ِ ุงู„ู„ู‡ِ، ุงู„ู„ู‡ُ ูŠَุง ุญَูِูŠْุธُ ูกูก

ูฆ- ุฅِู„َู‡َู†َุง ูŠَุง ุณَูŠِّุฏَู†َุง ุฃَู†ْุชَ ู…َูˆْู„َู†َุง ูَุงู†ْุตُุฑْู†َุง ุนَู„َู‰ ุงู„ْู‚َูˆْู…ِ ุงู„ْูƒَุงูِุฑِูŠْู†َ/ ุงู„ุธَّุงู„ِู…ِูŠْู†َ/ ุงู„ْู…ُู†َุงูِู‚ِูŠْู†َ ูกูก

ูง- ูŠَุง ุญَู†َّุงู†ُ، ูŠَุง ู…َู†َّุงู†ُ، ูŠَุง ุฏَูŠَّุงู†ُ ูฉ

ูจ– ุงู„ุณَّู„َุงู…ُ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ ูŠَุง ุฑِุฌَุงู„َ ุงู„ْุบَูŠْุจِ، ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ْุฃَุฑْูˆَุงุญُ ุงู„ْู…ُู‚َุฏَّุณَุฉُ، ุฃَุบِูŠْุซُูˆْู†ِูŠْ ุจِุงู„ْุบَูˆْุซَุฉِ، ูˆَุงู†ْุธُุฑْู†ِูŠْ ุจِุงู„ู†َّุธَุฑَุฉِ، ูŠَุง ุฑُู‚َุจَุงุกُ، ูŠَุง  ู†ُู‚َุจَุงุกُ، ูŠَุง ู†ُุฌَุจَุงุกُ، ูŠَุง ุฃَุจْุฏَู„ُ 

 ูŠَุง ุฃَูˆْุชَุงุฏُ، ูŠَุง ุบَูˆْุซُ، ูŠَุง ู‚ُุทُุจُ، ุฃَุบِูŠْุซُูˆْู†ِูŠْ ุจุงِู„ْุบَูˆْุซَุฉِ ุจِุญَู‚ِّ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ูฃ 

 ูฉ- ูŠَุง ุฃَุฑْุญَู…َ ุงู„ุฑَّุงุญِู…ِูŠْู†َ، ูŠَุง ุฃَุฑْุญَู…َ ุงู„ุฑَّุงุญِู…ِูŠْู†َ، ูŠَุง ุฃَุฑْุญَู…َ ุงู„ุฑَّุญِู…ِูŠْู†َ، ุจَู„ِّุบْ ุนَู„َู‰ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠْู†َ ูฃ

(Zaenal Faizin)

*********
Dikutip dengan sedikit perubahan judul dan kata oleh NuBorneo dari laman: https://www.tebuireng.co/kisah-ijazah-istighotsah-kh-hasyim-asyari-yang-sempat-hilang/

Ditulis pada 2021-06-20 oleh: Abdurrahman Santri #Pondok_Pesantren_Tebuireng dan aktif di Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri.

Sang "Bapak Pramuka"

[Special Story] Pengorbanan Sang "Bapak Pramuka", Penyelamat Republik Di Belakang Layar
Membahas tentang Sri Sultan Hamengkubuwono IX terutama dari sudut pandang kepramukaan, mungkin hal yang paling sering kita lihat atau dengar adalah biografi singkat beliau beserta perannya dalam perkembangan Gerakan Pramuka Indonesia. Namun, sepertinya tak banyak tulisan atau artikel yang mencoba membahas tentang peranan penting beliau dalam sejarah berdirinya NKRI, dukungan yang beliau berikan kepada Indonesia yang kala itu baru berdiri dan tentunya berbagai "sisat" beliau sebagai raja untuk rakyatnya di Yogyakarta. Hal ini memang bisa dimaklumi karena memang akan terasa 'out-of-the topic' dengan konteks kepramukaan dan tentunya karena adanya aspek politik didalamnya.
Sang Pahlawan Nasional (Berdasarkan Kepres No. 53/TK/Th 1990) sekaligus salah satu dari 4 Pramuka Indonesia hingga saat ini yang mendapatkan penghargaan Bronze Wolf WOSM tersebut memang merupakan tokoh krusial dalam berjalannya Negara Indonesia yang masih "belia". Beliau bukanlah tipe orang yang suka "gambar-gembor" sehingga memang nama beliau seakan kalah bersinar jika dibandingkan dengan Dwitunggal (Sukarno - Hatta) bahkan Suharto dan Adam Malik meskipun kala itu beliau masuk ke jajaran "tri tunggal" ketika masa peralihan ke orde baru. Meskipun begitu, peran beliau terhadap negara maupun rakyat khususnya Yogyakarta tetap dapat dirasakan hingga sekarang. Karena itu, untuk menyambut post sebelumnya, saya akan mencoba merangkum 'special story' ini. Meskipun memang sedikit panjang dari biasanya namun setidaknya dapat memberikan sedikit informasi sejarah baru bagi kita semua....
Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah seorang raja didalam sebuah republik. Pada awal kemerdekaan Sang Raja mengeluarkan maklumat bahwa ia bertanggungjawab kepada Presiden Republik Indonesia. Ketika Yogyakarta yang kala itu menjadi ibukota jatuh, ia letakan jabatan kepala daerah sebagai tanda bahwa beliau tak mau bekerja sama dengan Belanda. Beliau bahkan menolak tawaran untuk menjadi "wali" bagi Jawa dan Madura dari Belanda. 
Ketika pemimpin negara berangkat ke Den Haag mengikuti Konferensi Meja Bundar yang bersejarah itu, ia tetap tinggal di Yogyakarta dan beliau pula lah yang menerima penyerahan kedaulatan di Jakarta. Dukungan Sri Sultan kepada RI memang sangat total hingga ke urusan finansial dimana beliau rela berkorban mengeruk kas kraton demi Indonesia 'muda'. Namun, ia tak mau jasanya itu digambar-gembor kan, itulah sebabnya artikel Jusuf Ronodipuro yaitu "Episode Bangka" yang menceritakan pemberian cek 6 juta gulden (sekitar 47 triliun rupiah, konversi Januari 2022) kepada Presiden Sukarno yang sedianya dimuat dalam buku 'Tahta untuk Rakyat' tak terjadi karena Sri Sultan melarangnya.
Ketika proklamasi kemerdekaan dibacakan pada jam 10 pagi, Jumat 17 Agustus 1945. Selang 2 jam kemudian masjid-masjid besar di Yogyakarta juga mengumumkan kabar proklamasi kemerdekaan kepada jemaah sholat Jumat sekaligus seluruh rakyat kala itu. Petang harinya, Ki Hajar Dewantara mengerahkan guru dan murid Taman Siswa untuk pawai bersepeda keliling kota Yogyakarta sekaligus memekikkan kata "Merdeka". Beberapa jam setelahnya, Sri Sultan mengirimkan telegram ucapan selamat atas terbentuknya NKRI kepada Sukarno, M. Hatta, serta ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat.
Dua hari kemudian, sebuah pesan telegram susulan dari Yogyakarta datang yang menegaskan Yogyakarta "sanggup berdiri dibelakang pimpinan mereka" yang juga sekaligus menjadi pernyataan bahwa Yogyakarta bergabung ke wilayah Republik Indonesia. Sebuah pernyataan yang 'mengejutkan' karena sang Raja Yogyakarta kala itu yang masih dibawah pemerintahan jajahan, pasukan Jepang yang masih tersebar dan Belanda sebagai bagian dari sekutu pemenang perang dapat mengirim pasukan kapan saja untuk menagih kesetiaan Keraton yang diparaf Sultan sebagai salah satu syarat pelantikannya sebagai Raja Yogyakarta pada tahun 1940 sebelumnya. Meskipun begitu, Sri Sultan yang sebenarnya telah berembug dengan para abdi dalem keraton dan berbekal "Wisik" leluhur, tetap mantap menyatakan Yogyakarta sebagai bagian dari RI yang kemudian disusul dengan amanat Sri Sultan pada tanggal 5 September 1945 yang menyatakan Yogyakarta sebagai daerah istimewa Republik Indonesia berbentuk kerajaan yang kemudian disusul oleh Paku Alam VIII yang memberikan amanat yang sama kepada rakyatnya. Sejak saat itu, kerajaan Yogyakarta dan Paku Alaman bersatu menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang kita kenal sekarang dengan Sultan sebagai kepada dan pangeran Pakualam sebagai wakil pemerintahan.
Indonesia yang masih 'belia' dan tentunya banyak ancaman dari sukutu serta Belanda kala itu tak ayal membuat keamanan Jakarta sebagai ibu kota manjadi tak menentu, banyak sekali petinggi negara yang diburu oleh serdadu Belanda. Sultan Sjahrir yang kala itu menduduki posisi mentri pernah hampir tewas ketika mobilnya diberondong peluru serdadu Belanda, Sukarno-Hatta juga terpaksa berpindah-pindah tempat untuk menghindari kejaran tentara Belanda. Melihat keadaan tersebut, Sri Sultan Hamengkubuwono IX mengirim sepucuk surat kepada Bung Karno lewat seorang kurir yang isinya adalah tawaran pemindahan ibukota ke Yogyakarta yang segera direspon oleh presiden Sukarno dimana kemudian para petinggi negara segera menuju Yogyakarta setelah sebelumnya menyelesaikan rapat kabinet. Sri Sultan pun juga telah mempersiapkan Yogyakarta sebagai ibukota negara, termasuk dalam urusan pembiayaan yang diperlukan untuk menyokong pemerintahan. Sri Sultan juga mempersiapkan para cendikiawan dengan membangun perguruan tinggi Akademi Ilmu Pemerintah dan nantinya juga memegang peran besar dalam pendirian Universitas Gajah Mada sebagai bentuk penyediaan cendikiawan dan pemuda untuk negara kedepannya.
Cerita lainnya juga ketika Bung Karno dan pada petinggi lainnya menjalani pengasingan, Sri Sultan menjadi bagian dari delegasi Indonesia dalam perundingan Roem-Royen pasca serangan umum 1 Maret 1949. Sri Sultan juga sempat mendapatkan mandat dari Presiden Sukarno untuk memegang kekuasaan penuh dan pemerintahan Indonesia pada 1 Mei 1949 setelah Belanda pergi dari Jogja, dan kemudian menyerahkan kembali kekuasaan kepada Presiden Sukarno pada tanggal 6 Juli 1949. Saat konferensi meja bundar yang juga menjadi pengakuan kedaulatan Indonesia (kala itu RIS) oleh Belanda, Sri Sultan yang berada di Istana Gambir bersama dengan Johanes Lovink menjadi perwakilan Indonesia dan Belanda dalam penyerahan kedaulatan pemerintah RIS dari Pemerintah Belanda di Indonesia. Ketika Ratu Juliana selesai memberikan pidato sekaligus ucapan selamat atas kedaulatan Indonesia. Sri Sultan dan Lovink langsung menuju ke halaman Istana Gambir untuk melaksanakan upacara penurunan Bendera Prinsevlag (Julukan Bendera Belanda) yang diiringi dengan lagu Wilhelmus, lagu kebangsaan Belanda yang dinyanyikan oleh 28 tentara Belanda kala itu. Selang kemudian, berganti dengan penaikan bendera merah-putih yang diiringi oleh lagu Indonesia Raya. Ketika bendera sampai di puncak tiang, sontak rakyat yang telah menunggu di luar pagar istana meneriakkan kata merdeka yang terus dikumandangkan oleh rakyat. Saat itu pula, Istana Gambir berubah nama menjadi Istana Merdeka, dan gambaran proses menaikkan bendera ini dapat kita lihat saat upacara 17 Agustus setiap tahunnya. 
Sri Sultan Hamengkubuwono IX juga memegang peran penting dalam "Ikhtiar untuk mengisi kantong rรฉpublik" untuk membentuk pondasi รฉkonomi pada awal Orde baru dimana pasca demokrasi terpimpin dimana perekonomian Indonesia yang morat-marit, dengan inflasi yang melambung ditambah dengan devisa negara yang kosong. Saat itulah Presiden Suharto menunjuk Sri Sultan untuk berkeliling dunia guna mencari bantuan dan menjajakan peluang investasi. Sri Sultan memegang peran penting untuk membentuk kembali kepercayaan negara Barat dan Malaysia dengan Indonesia sekaligus mendatangkan bantuan USD 30 juta dari Jepang. Sri Sultan juga berhasil meyakinkan negara luar dalam acara Tokyo Meeting tahun 1966 yang sekaligus membuka jalan Indonesia untuk menjadi warga ekonomi dunia. Langkah ini juga sempat menjadi kontroversi dinama Sultan dan pemerintah Indonesia kala itu dituding tengah berusaha "menjual Indonesia" karena banyaknya investasi asing yang masuk ke bumi pertiwi Indonesia.
Ketika ekonomi Indonesia berhasil membaik, Sri Sultan ditunjuk menjadi Wakil Presiden pada tahun 1973 hingga 1978 dan setelah tak mau memperpanjang masa jabatannya, terdapat isu bahwa hubungan Sri Sultan dengan Presiden Suharto memburuk terutama dengan alasan kesehatan yang dikemukakan Sri Sultan sebagai alasan beliau untuk menolak tawaran jabatan tersebut apalagi ditambah dengan kabar bahwa Presiden dan Wakilnya tak bertemu selama 9 bulan. Hal lainya juga adalah kontroversi pada peristiwa serangan 1 Maret dimana kala itu keluar film Janur Kuning dan komik yang sangat menonjolkan peran Suharto dalam peristiwa tersebut, dimana dikatakan bahwa peristiwa bersejarah yang mengembalikan kepercayaan rakyat kepada tentara sekaligus menarik perhatian dunia atas propaganda bohong Belanda nyatanya berawal atas usul Sultan, Jendral Sudirman sebagai pemberi perintah dan Letkol Suharto sebagai pelaksana lapangan. Dikatakan bahwa kontoversi ini juga menjadi salah satu alasan memburuknya hubungan Sultan dengan Suharto kala itu.
Salah satu cerita yang mungkin cukup populer bagi warga Yogyakarta adalah ketika beliau akan naik tahta pada tahun 1940 lalu. Setelah Sri Sultan Hamengkubuwono VIII mangkat pada akhir tahun 1939, terdapat perundingan alot antara GRM Dorodjatun (Gelar Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebelum diangkat menjadi Raja Yogyakarta) dan Gubernur Yogyakarta Luciden Adam terhadap kontrak politik dimana saat Raja baru dinobatkan, maka sang Raja wajib untuk menandatangani kesepakatan yang berisi kontrak politik antara Belanda dengan penguasa lokal untuk mengakomodasi kepentingan Belanda. Praktek ini sudah dilakukan sejak era VOC pada abad ke-17 dan juga menjadi syarat bagi pangeran untuk diangkat menjadi Sultan.
Dalam buku Tahta untuk Rakyat, dikatakan bahwa negosiasi dilakukan hampir setiap hari antara GRM Dorodjatun dan Gubernur Adam bahkan dilakukan hingga 3 kali sehari. Banyak literatur yang mengatakan lelahnya Dorodjatun muda menjalani rentetan perundingan ini, terutama karena banyaknya poin pada kontrak tersebut terdapat beberapa poin yang menemui jalan buntu sehingga perundingan berlangsung alot. Namun pada Februari 1940, sikap GRM Dorodjatun tiba-tiba berubah 180° setelah mendapatkan Wisik: "Wis tho le, teken no wae Landa bakal lunga seko bumi kene" ("Sudahlah nak, tanda tangani saja. Belanda bakal pergi dari bumi ini).  Pada hari yang sama, pada sesi perundingan malam, beliau meminta Gubernur Adam untuk memfasilitasi kontrak dan ia bersedia menandatangani. Pertemuan itu berlangsung singkat, sekitar 10 menit sebelum akhirnya keduanya pulang. Kemudian pada awal bulan Maret 1940, kontrak pun ditandatangani dan GRM Dorodjatun naik takhta, ia pun dinobatkan menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Wisik yang diterima Sri Sultan terbukti benar karena selang 2 tahun setelahnya, Jepang menduduki Indonesia dan sempat mengusir Belanda dari bumi pertiwi.
Ketika masa pendudukan Jepang, juga terdapat sedikit cerita yang cukup terkenal dikalangan warga Yogyakarta yaitu perihal Selokan Mataram. Kala itu, Jepang membutuhkan banyak sekali sumber daya dalam perang menguasai seluruh Asia Timur yang juga ditambah dengan banyak kekalahan di sana-sini. Dalam usaha untuk menyokong kepentingan inilah, tentara Jepang merekrut penduduk lokal untuk diperas habis tenaganya sebagai romusha, dan banyak kasus dimana banyak romusha yang direkrut tak kembali lagi. Kala itu, Sri Sultan diminta untuk melaporkan hasil pertanian diwilayah Yogyakarta, namun Sri Sultan sedikit memanipulasi statistik pertanian rakyat yang tak mampu untuk mencukupi kebutuhan dimana pertanian tadah hujan tak bisa berjalan ketika musim kemarau panjang dan selalu dilanda banjir ketika musim hujan. Dan agar masyarakat terhindar dari kerja paksa itu, Sultan mengusulkan untuk membangun selokan irigasi dari Sungai Progo tembus ke Sungai Opak di Klaten dengan panjang 30 Km. Sebenarnya sejak zaman Belanda sudah ada saluran Van der Wicjk yang mengambil air dari Gunung Sumbing untuk mengairi kebun tebu milik Belanda tapi Sultan beralasan untuk melanjutkan irigasi tersebut.
Jepang pun setuju dengan usul Sultan bahkan menyediakan 1 juta gulden untuk membiayai proyek tersebut dimana pada awalnya akan dinamai dengan Kanal Yoshiro. Sultan merencanakan proyek ini untuk menyerap sebanyak mungkin rakyat untuk mengerjakan proyek tersebut sehingga Jepang tak memiliki kesempatan untuk menggunakan tenaga rakyat demi keperluan perang dan romusha, meskipun tetap ada rakyat yang diambil untuk romusha. Proyek pengerjaan Selokan Mataram dilakukan secara bertahap dan dilaksanakan dengan gotong-royong bergiliran tanpa diupah sehingga tak memberatkan rakyat dan tetap bisa mengerjakan pekerjaan pokoknya. Dikatakan juga kalau rombongan yang datang sengaja "melebihkan" jumlah anggotanya untuk mendapatkan jatah makan tambahan. Selokan Mataram ini tetap digunakan oleh masyarakat Yogyakarta hingga sekarang terutama untuk keperluan irigasi sawah.
Sejak kecil, Sri Sultan Hamengkubuwono IX memang telah di didik untuk mandiri jauh dari kehidupan Putra Mahkota Keraton. Sejak kecil beliau dititipkan kepada Keluarga Mulder dan mendapat panggilan "Henkie" yang juga menjadi panggilan akrab beliau dikalangan anak Belanda hingga berkuliah di Haarlem. Dari sekolah Belanda inilah beliau mengenal dunia Kepanduan hingga akhirnya beliau menjadi sosok Bapak Pramuka yang kita kenal hingga sekarang. Terlepas mungkin dari berbagai intrik politik beliau, namun tak bisa dipungkiri memang banyak hal yang dapat kita teladani dari beliau sekaligus juga lebih mengenal peran sekaligus "pengorbanan" yang telah Sri Sultan Hamengkubuwono IX berikan kepada NKRI.
Source: Majalah Tempo Edisi Khusus Kemerdekaan, 23 Agustus 2015
Dok. Pic: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka