MUTIARA ILMU: Tata Cara Mengamalkan Sholawat Jibril beserta doanya

Sabtu, 12 September 2020

Tata Cara Mengamalkan Sholawat Jibril beserta doanya

... 

Bacaan Sholawat Jibril ini sangatlah singkat yaitu : 
صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد
 Shollallohu A’la Muhammad. 

Diterangkan dalam kitab Afdholussholawat ‘Ala Sayyidis Saadat karya Imam Yusuf bin Ismail an-Nabhani :

قَالَ إِمَامْ الشَّعرَنِى كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يَقُوْل مَنْ قَالَ هَذِهِ الصَّلاةَ فَقَدْ فَتَحَ عَلَىْ نَفْسِهِ سَبْعِيْنَ بَاباً مِنَ الرَّحْمَة والقَى اللَّهُ مَحَبَّتَهُ فِي قُلُوْبِ النَّاسْ فَلاَ يَبْغَضُهُ إِلاَّ فِي قَلْبِهِ نَفَاقٌ

“Imam as-Sya’roni berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, barang siapa yang membaca sholawat jibril ini maka Allah SWT akan membukakan pintu-pintu rahmat untuknya dan Allah SWT juga akan menjadikan hati para manusia mencintainya. Serta tidak akan ada orang yang membencinya kecuali orang-orang munafik.”

Dari hadis ini dapat kita ambil pelajaran bahwa pengamal sholawat jibril ini akan diberikan ketenangan hati, dicintai oleh manusia dan dimudahkan segala urusannya.

KH. Ahmad Jauhari Umar dari pasuruan berpesan, apabila kita memiliki cita-cita atau hajat yang ingin tercapai maka perbanyaklah membaca sholawat jibril ini.

Cara Mengamalkannya :
Berikut cara mengamalkan shalawat Jibril yang diijazahkan oleh KH. Ahmad Jauhari Umar Pasuruan :

Baca tiap selesai shalat fardhu 100 kali dan doa sholawat jibril 1 kali
Agar diperlancar terkait urusan bisnis baca sholawat jibril ini setiap selesai shalat maghrib atau setelah selesai shalat malam 1000x dan ditutup dengan doa sholawat jibril 1 kali
Jika mempunyai hajat yang mendesak tiap selesai shalat isya atau selesai shalat malam 5000 kali atau lebih dan ditutup dengan doa sholawat jibril 1 kali.

Doa ini bersumber dari kitab Kasyful Hijab :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم أَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْئَلُكَ وَاَتَوَسَّلُ إِلَيْكَ بِحَبِيْبِكَ وَنَبِيِّكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ يَاسَيِّدِيْ إِنِّيْ اَتَوَجَّهُ بِكَ إِلَى رَبِّكَ فِى قَضَاءِ حَوَائِجِيْ

Bismillahirrahmanirrahim Allohumma Inni Asaluka Wa Atawassalu Ilayka Bihabibika Wa Nabiyyika Sayyidina Muhammadin Shollallahu ‘Alaihi Wasallama Nabiyyirrohmati Ya Sayyidi Inni Atawajjahu Bika ilaa Robbika Fi Qodhoi Khawaaiji (lalu sebutkan hajat yang kita inginkan)

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu dan aku bertawassul menyampaikan hajatku kepada ya Allah, dengan keagungan kekasihmu dan keagungan nabimu Sayyidina Muhammad, nabi yang membawa rahmat. Wahai nabi yang mulia, aku bertawajjuh dengan keagunganmu memohon kepada tuhanmu (Allah SWT) untuk mewujudkan berbagai hajatku (lalu sebutkan hajat yang kita inginkan).

Wallahua'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar