MUTIARA ILMU: _Anjuran Berbuka Sebelum Shalat Maghrib_

Minggu, 24 Maret 2024

_Anjuran Berbuka Sebelum Shalat Maghrib_





أَنَس بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

_Anas bin Maalik mengatakan : “Dahulu Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam berbuka puasa dengan beberapa butir kurma muda (ruthb atau kurma basah) sebelum melakukan shalat (Maghrib). Jika Beliau tidak menemukan beberapa kurma muda maka Beliau berbuka dengan beberapa butir kurma matang (tamr atau kurma kering). Jika Beliau tidak menemukannya, maka Beliau berbuka dengan beberapa teguk air.”_ (HR. Abu Dawud : 2009)

Subhanallah.. Alhamdulillah.. 
Sahabat Nabi memberi kabar kepada kita akan kebiasaan Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa, yakni Nabi mendahulukan berbuka sebelum shalat maghrib.

Nabi berbuka dengan beberapa kurma muda atau kurma basah. Jika tidak ada, Nabi berbuka dengan beberapa kurma kering. Jika pun tidak ada, Nabi berbuka dulu sebelum shalat maghrib dengan beberapa teguk air. _Wallahu a'lam_. 

Hal ini menunjukkan pentingnya berbuka dahulu sebelum melakukan shalat maghrib. 

Kita belajar mencontoh Nabi Muhammad ketika berbuka puasa, yakni mendahulukan membatalkan puasa (berbuka) baru melakukan shalat maghrib. 

Kita mencontoh Nabi ketika berbuka, yakni dengan beberapa kurma yang ada. Jika pun tidak ada kurma, maka berbukalah dengan apa saja, walaupun dengan beberapa teguk air. 

Kita terus bersyukur atas semua rezeki yang Allah berikan kepada kita saat kita berbuka. Apapun yang ada dihadapan kita saat berbuka, itu semua kita yakini merupakan pemberian Allah SWT. 

Kita juga selalu bersyukur saat berbuka. Syukur atas nikmat Allah karena kita telah dimampukan untuk menjalankan kewajiban berpuasa sampai berbuka. 

Kita belajar untuk selalu berdo'a menjelang berbuka. Karena salah satu do'a yang _mustajab_ adalah do'anya orang yang berpuasa sampai dia berbuka.

Yaa Allah.. Ampuni kami..
Terimalah amal baik kami..
Dan bimbing kami semua kejalan yang lurus. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin

_Semoga bermanfaat_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar