MUTIARA ILMU: DZIKIR ADALAH ASUPAN GIZI RUHANI

Senin, 24 April 2023

DZIKIR ADALAH ASUPAN GIZI RUHANI


Saat anda bekerja, bertemu, dan berinteraksi dengan  berbagai tipe orang terjadi pertukaran energi yang saling mempengaruhi dan bertimbal balik (energi kinetik ; bergerak) sehingga setelah itu badan terasa lelah, capek, dan berat... 

Itu dikarenakan selain pikiran anda lelah, juga karena terjadi pertukaran energi apalagi energi negatip orang lain banyak masuk ke tubuh anda baik lewat kata, pandangan, saling berdekatan, sentuhan, dan rasa. 

penilitian psikolog Maunisa dalam mengeluarkan kosakata dalam sehari semalam di laki laki 7000 kosakata ±,  di perempuhan 20 rb kosakata ±.
dan ada lagi yg jauh lebih berbahaya  berbicara di dalam diri, lintasan bisikan dan fikirin 57 rb kosakata±,  ini yg melelahkan.
apa yg kita keluarkan degan berkata2 baik atau kata" jelek  dgn obrolan, berbicara atau dgn aktifitas  dzikir. itu baru 10% yang kita keluarkan.

Cara untuk mengurangi dan menetralkan selain beristirahat bisa lakukan dengan sholat atau meditasi  dzikir  selesai trus  mandi. 
Setelah itu dalam posisi yang masih duduk dan memejamkan mata lakukan selftalk atau selfhealing,
tawajuh (istihdorul qudwah)
atau afirmasi mengucap kata-kata positip ke dalam diri bahwa badan anda segar kembali dan energi negatip dari orang lain yang masuk ke tubuh anda netral kembali... 

Selftalk adalah salah satu bentuk komunikasi manusia dengan dirinya sendiri. Menurut Penelitian diperkirakan, manusia mengalami selftalk hingga 57.000 – lima puluh tujuh ribu kali sehari.   

Atau anda bisa lakukan  dengan membayangkan (visualisasi) seolah-olah energi negatip di tubuh anda keluar  (dzikir takholi) dan bayangkan ada cahaya positip baru ke tubuh anda (dzikir tahali) & dzikir tajali... 

Atau anda bisa lakukan saat menarik nafas yang panjang bayangkan ada energi positip masuk ke tubuh anda dan saat menghembuskan yang panjang bayangkan energi negatip anda keluar bersama nafas anda...  

1. Nafas
2 . Anfas
3 . Tanafas
4 . Nufus
Dan sesungguhnya bekerjanya *nafas* itu adalah diluar kontrol panca indera manusia.
1 . NAFAS itu letaknya di mulut ,,
2 . ANFAS letaknya di hidung,,
3 . TANAFAS letaknya di tengah-tengah antara telinga kanan dan kiri ,,
4 . NUFUS letaknya di jantung,,

Setelah itu diam sejenak dan rasakan pertukaran energi baru tersebut, semoga tubuh anda terasa segar kembali... 

70rb gerakan hati dalam sehari semalam

IJTIMA’I SATATI QOLBI SHOHIBIHI :
yaitu mengumpulkan terpecahnya ingatan hati manusia yang sedang berdzikir.Gerakan hati manusia sehari semalam adalah 70.000 gerakan silih berganti, maka yang tak bisa mensikapinya jiwanya akan lelah dibawa kesana kemari oleh gerakan hatinya.

Contohnya dalam sholat :apabila kita sedang sholat terahsa dalam hati melirik kepada selain allah.Namun yang tahu akan hal ini dia akan segera mengistirahatkan hatinya tinggal satu gerakan yaitu hanya alloh yang ada.Sehingga sholatnya menimbulkan efek samping sebagai tempat istirahat jiwa yang lelah karena beban 70.000 gerakan hati. Apabila masih kesulitan mengendalikan gerakan hatinya maka sebaiknya melatih dzikir sesudah sholat.
“maka apabila kamu telah menyelesaikan sholatmu,ingatlah allah”(an nisa 103).
Ruh adalah hakikat dan nafas adalah syariatnya di alam ini, makanya Ruh diibaratkan kapal dan ombak bagaikan nafas, Jika ombak tenang maka tenanglah perjalanan kapal, begitu juga dengan Ruh, jika nafas seorang tenang, maka ia memberi kesan pada ruhnya, Oleh sebab itu apabila pernafasan itu baik dan benar maka akan baik pulalah perjalanan ruh dengan Tuhannya.

Sesungguhnya amalan Makrifat dan Zikir yang ditalqin itu adalah untuk membersihkan HATI agar dapat seperti hati anak-anak yang suci-bersih..!

HATI ini seperti satu wadah menyimpan gula yang tertutup rapat dan dijaga dengan baik ! sekiranya tutup itu tidak terjaga dengan baik atau tutupnya sudah rusak, maka masuklah semut hitam.. yang memang gula itu makanannya..! 

PEPERANGAN yang lebih besar dari perang UHUD, KHANDAK dll adalah : "Peperangan dalam DIRI SENDIRI (HATI)" 

Disetiap saat denyut jantung ku ini, aku akan terus berperang.... Sesungguhnya iblis itu menanti saat yg tepat dan waktu untuk merusakkan anak ADAM ! 

Sekiranya aku tidak ada bersenjata (ZIKIR), niscaya aku pasti merugi ! 

Keluar masuk nafas anak ADAM adalah ZIKIR..! 

6,666 sehari dlm semalam, nafas keluar dan masuk, sekiranya anak ADAM tidak bersenjata dzikir, pasti ia merugi..!

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ۞ ﺍﻟﻔَﺎﺗِﺢِ ﻟِﻤَﺎ ﺃُﻏْﻠِﻖَ ۞ ﻭَﺍﻟﺨَﺎﺗِﻢِ ﻟِﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ۞ ﻧَﺎﺻِﺮِ ﺍﻟﺤَﻖِّ ﺑِﺎﻟﺤَﻖِّ ۞ ﻭَﺍﻟﻬَﺎﺩِﻱ ﺇِﻟَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍﻟﻤُﺴْﺘَﻘِﻴﻢِ ۞ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻟﻌَﻈِﻴﻢِ ۩

Tidak ada komentar:

Posting Komentar