Syekh Yusuf Bin Ismail An Nabhaniy berkata; Imam Ahmad bin Idris radhiyallahu anhu telah menerima shalawat ini dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dengan talqin secara langsung tanpa perantara sebanyak satu kali dan beliau juga ditalqin secara langsung oleh Sayyidina Khidir 'Alaihis Salaam satu kali.
Sayyid Habib Muhammad Al Haddar mengatakan : "Barang siapa membaca shalawat Azhimiyyah 3 kali, maka dia akan mimpi bertemu Nabi saww. ".
Sayyid Muhammad Alwi al Maliki berkata : "Barang siapa membacanya sebanyak 7 kali (ada yang mengatakan 70 kali) sebelum waktu shubuh, maka ia dapat berguna untuk mimpi bertemu Nabi saww.". (Habib Husin Muhammad Syadad bin Umar, Do'a-do'a bertemu Nabi SAW, hal. 146, Pustaka Hidayah).
Para ulama ahli asrar menyatakan: Siapa saja yang membaca shalawst Azhimiyah 92 kali, maka shalawat itu tak ubahnya bagaikan pedang yang tajam sehingga dengan cepat mengabulkan segala hajatnya secepat pedang tajam memutuskan leher binatang sembelihan.
Ada sebuah peristiwa menakjubkan sehubungan dengan shalawat ini. Al Arif billah Habib Abu Bakar bin Abdullah ‘Atthas memperoleh shalawat ini dari SAYYID AHMAD BIN IDRIS secara langsung . Beliau lalu menulis shalawat ini dan menyimpannya dalam tas pakaian. Sewaktu berlayar dilaut , seorang darwis ahli sir batin dan kasyaf melihat cahaya keluar dari tas Habib Abu Bakar hingga ke langit. Ia lalu memberitahukan apa yang dilihatnya kepada Habib Au Bakar. habib abu Bakar berkata kepadanya, ”Tas ku ini hanya berisi pakaian dan shalawat”. habib Abu Bakar lalu menunjukan sholawat itu kepada si Darwisy.
Sayid Ahmad Syarif as-Sanusi ra. meriwayatkan bahwa Sayid Muhammad bin Ali as-Sanusi ra. suatu ketika menerangkan keutamaan membaca Shalawat ‘Azhimiyyah, bahwa sesungguhnya membaca Shalawat ‘Azhimiyyah sekali menandingi bacaan Kitab Shalawat Dala-ilul Khairat sebanyak 33.333 kali. Ditanyakan mengapa demikian? Karena keutamaan Shalawat ‘Azhimiyyah itu disebabkan keutamaan para guru-guru ra. (yang meriwayatkannya).
Habib Ahmad bin Hasan ra. berkata: "Aku memberi salah seorang sadah (keturunan ahlul bait) ijazah untuk membaca sholawat ini, setelah ia meninggal dunia, aku mimpi bertemu dengannya, ia berkata kepadaku, 'ketika jasadku diletakkan di kubur, datang makhluk yang menakutkan dari alam barzakh, Sholawat Agung (Azhimiyyah) ini melindungiku hingga lenyaplah rasa takut dari hatiku".
Diriwayatkan bahwa salah seorang pengikut Thariqah Idrisiyah meninggal di kota Makkah dan dikuburkan di pekuburan Ma'lah. Saat jenazahnya diturunkan, ternyata orang yang memasukkan janazahnya ke lubang lahad adalah seorang ahli kasyaf (telah terbuka hijabnya) tiba-tiba ia melihat ada malaikat yang datang membawa ranjang dan lampu-lampu dari surga lalu membentangkan lubang kuburannya sehingga menjadi luas sejauh mata memandang. Si ahli kasyaf sangat takjub dengan kemuliaan yang diberikan kepada mayyit, lalu ia berkata dalam hatinya: "Aduhai seandainya nanti aku meninggal aku berharap Allah Taala memberikan juga kepadaku kemuliaan seperti ini. Tiba-tiba malaikat berkata: Diantara kalian akan mendapat kemuliaan ini dengan barokah shalawat Azhimiyah yang kalian baca."
Ada yang mengatakan barangsiapa mendawamkan shalawat ‘Azhimiyyah ini dengan istiqomah minimal setiap harinya 1 kali (dibaca 1x habis shalat) maka apabila ia mati maka kuburannya akan disinari dengan cahaya/lampu dari syurga dan dilapangkan kuburnya.
Inilah Shalawat ‘Azhimiyyah:
بسم الله الرحمن الرحيم
اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْاَلُكَ بِنُوْرِ وَجْهِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، اَلَّذِيْ مَلأَ اَرْكَانَ عَرْشِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، وَقَامَتْ بِهِ عَوَالِمُ اللهِ الْعَظِيْمِ ، اَنْ تُصَلِّيَ عَلىَ مَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ ذِيْ الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ ، وَعَلىَ آلِ نَبِيِّ اللهِ الْعَظِيْمِ ، بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَماَ فِيْ عِلْمِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ اللهِ الْعَظِيْمِ ، تَعْظِيْماً لِحَقِّكَ يَامَوْلاَناَ ياَمُحَمَّدُ ياَ ذَالْخُلُقِ الْعَظِيْمِ ، وَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَعَلىَ آلِه مِثْلَ ذَلِكَ ، وَاجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَهُ كَماَجَمَعْتَ بَيْنَ الرُّوْحِ وَالنَّفْسِ ، ظاَهِرًا وَباَطِناً ، يَقْظَةً وَمَناَماً ، وَاجْعَلْهُ ياَرَبِّ رَوْحاً لِذاَتِيْ مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوْهِ ، فِي الدُّنْياَ قَبْلَ اْلآخِرَةِ ياَعَظِيْمُ
ALLAAHUMMA INNII AS ‘ALUKA BI NUURI WAJHILLAAHIL ‘AZhIIM,
ALLADzII MALA-A ARKAANA ‘ARSyILLAAHIL ‘AZhIIM,
WA QOOMAT BIHII ‘AWAALIMULLAAHIL ‘AZhIIM,
ANGTUShOLLIYA ‘ALAA MAWLAANAA MUHAMMADIN DzIL QODRIL ‘AZhIIM,
WA ‘ALAA AALI NABIYYILLAAHIL ‘AZhIIM,
BIQODRI ‘ADhOOMATI DzAATILLAAHIL ‘AZhIIM,
FII KULLI LAMHATIN WANAFASIN ‘ADADA MAA FII ‘ILMILLAAHIL ‘AZhIIM,
ShOLAATAN DAA-IMATAN BIDAWAAMILLAAHIL ‘AZhIIM,
TA’ZhIIMAN LIHAQQIKA YAA MAWLAANAA YAA MUHAMMADU YAA DzAL KhULUQIL ‘AZhIIM, WASALLIM ‘ALAYHI WA ‘ALAA AALIHII MITsLA DzAALIKA,
WAJMA’ BAYNII WABAYNAHUU KAMAA JAMA’TA BAYNAR RUUHI WANAFSI,
ZhOOHIRON WABAAThINAN, YAQZhOTAN WAMANAAMAN,
WAJ’ALHU YAA ROBBI RUUHAL LIDzAATII MIN JAMII’IL WUJUUHI,
FID DUNYAA QOBLAL AAKHIROTI YAA ‘ADZhIIM.
Artinya :
Yaa Allah sesunggguhnya aku memohon kepadaMu dengan cahaya Wajah Allah Yang Agung,
Yang memenuhi tiang-tiang Arasy Allah Yang Agung,
Dan dengannya berdirilah alam-alam (ciptaan) Allah Yang Agung,
Agar shalawat tersampaikan atas pelindung kami, Muhammad SAW, yang memiliki derajat yang Agung,
Dan atas keluarga nabi Allah Yang Agung,
Dengan ukuran Keagungan Zat Allah yang Agung,
Disetiap kedipan dan nafas, sebanyak apa yang termaktub dalam Ilmu Allah Yang Agung,
Shalawat yang abadi dengan Kekekalan Allah Yang Agung,
(sebagai) pengagungan terhadap Haq (kebenaran) engkau wahai Muhammad, yang memiliki akhlak (perangai) yang Agung,
Dan salam atas beliau SAW serta keluarganya, semisal yang demikian itu,
Dan satukanlah aku dengan Beliau sebagaimana Engkau satukan ruh dengan nafas,
Secara Zahir dan Batin, dalam keadaan terjaga (sadar) atau tidur (mimpi),
Dan jadikanlah beliau yaa Tuhanku, sebagai ruhani jiwaku, di setiap arah,
Didunia ini sebelum (datangnya) hari akhir, wahai Zat yang memiliki Keagungan.
Alfaqir (Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus) ijazahkan Shalawat Azhimiyyah ini bagi siapa saja yang mau mengamalkannya, yang insya Allah ijazah ini sambung menyambung sampai ke Asy Syaikh Ahmad bin Idris (Tarekat Idrisiyyah) dan terus ke Nabi Muhammad saww. yang alfaqir dapatkan dari Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al Maliki Al Hasani, Asy Syaikh Shalih bin Muhammad bin Shalih Al Ja’fari Al-Husaini dan KH. Rizqi Zulqornain.
Adapun sanad muttashil (bersambung) kepada Imam Ahmad Bin Idris Al Hasaniy radhiyallahu anhu yang alfaqir miliki sebagai berikut:
الحبيب محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس عن الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المحدث مسند العصر السيد عبد الرحمن الكتاني الادريسي الحسني عن والده الحافظ السيد محمد عبد الحي الكتاني عن الشيخ ابي اليسر فالح المهنوي والشيخ القاضي احمد بن الطالب بن سودة والشيخ المعمر عبد الهادي ابن العربي العواد ثلاثتهم عن العارف بالله الشيخ محمد بن علي السنوسي الخطابي عن مؤسس الطريقة الادريسية الامام العارف بالله السيد احمد بن ادريس المغربي الحسني رضي الله عنه
Al Hafizh Sayyid Muhammad Abdul Hay Al Kattaniy rahimahullah berkata sanad yang tersebut di atas merupakan sanad tertinggi yang sampai kepada Imam Ahmad Bin Idris Al Hasaniy radhiyallahu anhu.
Sanad yang lainnya.
الحبيب محمد سلفى بن أبو نوار العيدروس عن الحاج رزقي ذو القرنين بن اصمت البتاوي عن كياهي الحاج ميمون بن زبير الساراني عن محدث الحرمين الشريفين العلامة المسند السيد محمد بن علوي بن عباس المالكي الحسني عن الشيخ ضياء الدين القادري المدني عن الشيخ احمد الريفي عن الامام محمد بن علي السنوسي عن الامام القطب احمد بن ادريس الحسني رضي الله عنه
Imam As Sayyid Ahmad bin Idris Al Hasaniy radhiyallahu anhu dilahirkan di Maisur yaitu sebuah perkampungan di dalam daerah ‘Arayish, terletak di kota Fez (Morocco) pada bulan Rajab tahun 1163 H bertepatan tahun 1749 M. Namun ada riwayat pula yang menyebut bahawa beliau dilahirkan pada tahun 1172H/ 1757 M).
Nama lengkap beliau adalah Al Imam Al Arif Billah As Sayyid Ahmad ibn Idris ibn Muhammad ibn ‘Ali ibn Ahmad ibn Muhammad ibn Abdillah ibn Ibrahim ibn Umar ibn Ahmad ibn ‘Abdul Jabbar ibn Muhammad ibn Yamluh ibn Masyish ibn Abu Bakar ibn ‘Ali ibn Hurmah ibn ‘Isa ibn Salam ibn Marwan ibn Haidarah ibn Muhammad ibn Idris Al Asghar ibn Idris Al Akbar ibn ‘Abdullih Al Kamil ibn Al Hassan Al Mustanna ibn Sayyidina Hassan Al Sibt ibn Saiyyidina ‘Ali dan Saiyyidatina Fatimah Al Zahra’ binti Rasulillah Sayyidina Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.
Imam Ahmad Bin Idris merupakan seorang wali yang telah mencapai maqam Qutub yaitu martabat yang tinggi dalam maqam wilayah (kewalian) dan juga dikatakan meraih maqam Sultan Salatin al-Awliya (raja para wali). Selain itu beliau juga terkenal sebagai seorang ulama pembaharu (mujadid). Beliau telah banyak menggembara dan berdakwah di jalan Allah serta menyebarkan ajaran Tariqahnya ke berbagai tempat hingga ke Makkah, Madinah, Mesir, Sudan, Yaman dan lain-lain.
Beliau wafat pada malam Sabtu di antara waktu Maghrib dan Isya’ pada tanggal 21 Rajab. Murid beliau Sayyid as-Shalih Ahmad Ustman al-‘Uqailiy ditunjuk untuk memandikan dan jenazah beliau telah dishalatkan oleh al-‘Allamah al-Wali Sayyid Yahya bin Muhsin al-Ni’ami al-Hasaniy. Beliau dikebumikan pada tanggal 21 Rajab 1837 M / 1253 H) di Sabya. Kota Sabya yang pada masa itu menjadi bagian negri Yaman, namun sekarang sudah masuk dalam wilayah Saudi Arabia.
Penulis : Al Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus.
Qobiltu Al Ijazah
BalasHapus