MUTIARA ILMU: *KEUTAMAAN UCAPAN SALAM*

Rabu, 17 Januari 2024

*KEUTAMAAN UCAPAN SALAM*




Bagian 1

_Salam Sebelum Berbicara_

قال صلى الله عليه وسلم : السَّلَامُ قَبْلَ الْكَلاَمِ

Nabi Muhammad SAW bersabda :
_“Ucapan salam itu sebelum berbicara”._ (Dalam Kitab Lubabul Hadits)

Subhanallah.. Alhamdulillah..
Kita sebagai seorang muslim dianjurkan untuk senantiasa saling mendo'akan. Diantaranya adalah mengucapkan salam kepada saudara sesama muslim.

Kita berusaha untuk memulai dengan uluk salam sebelum berbicara atau menulis surat, undangan, memulai percakapan di media sosial dan sebagainya. 

Dalam hadits lain disampaikan bahwa memberi salam merupakan amalan Islam yang terbaik.

أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْإِسْلَامِ خَيْرٌ قَالَ تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلَامَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

_Bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah ﷺ. (Amalan) Islam manakah yang paling baik? Beliau bersabda : "Engkau memberi makan dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan yang tidak engkau kenal."_ (HR. Nasa'i : 4914)

Alhamdulillah..
Kita juga berusaha menjaga akhlak dan ketawadhuan dengan senantiasa memulai salam. Ibnu Hajar mengatakan : _“Memulai mengucapkan salam menunjukkan akhlaq yang mulia, tawadhu’ (rendah diri), tidak merendahkan orang lain, juga akan timbul kesatuan dan rasa cinta sesama muslim.”_

Dalam prakteknya, terdapat tiga bentuk uluk salam :
1. *Assalamu'alaikum* ( _semoga keselamatan atas kalian_ )

2. *Assalamu'alaikum Warahmatullah* ( _semoga keselamatan dan Rahmat Allah atas kalian_ )

3. *Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh* ( _semoga keselamatan, Rahmat Allah dan Keberkahan atas kalian_ )

Kita tetap berusaha meraih pahala yang banyak dengan cara memberi salam yang lebih pula. Nabi bersabda : 

_Bahwa seorang laki-laki datang kepada Nabi ﷺ lalu mengucapkan : *Assalamu 'alaikum."* Beliau menjawabnya, kemudian orang tersebut duduk lalu Beliau bersabda : *"Baginya sepuluh pahala"*. Kemudian seseorang lagi datang kepada Nabi ﷺ lalu mengucapkan *Assalamu 'alaikum Warahmatullah.* Kemudian orang tersebut duduk, lalu Beliau bersabda : *"Baginya dua puluh pahala".* Selang beberapa saat seseorang datang kepada Nabi ﷺ lalu mengucapkan : *Assalamu 'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.* Lalu orang tersebut duduk, Beliau pun bersabda : *"Baginya tiga puluh pahala."*_ (HR. Ahmad : 19101)

Alhamdulillah..
Semoga dengan kita saling uluk salam, Allah senantiasa memberikan keselamatan, Rahmat dan keberkahan kepada kita dan kaum muslimin pada umumnya.


Bagian 2

_Tetap Menebar Salam_

قال صلى الله عليه وسلم : مَنْ بَدَأَ بِالْكَلَامِ قَبْلَ السَّلَامِ فَلَا تُجِيْبُوْهُ

Nabi Muhammad SAW bersabda :
_“Barangsiapa mengawali dengan pembicaraan sebelum ucapan salam maka janganlah kalian menjawabnya”._ (Dalam Kitab Lubabul Hadits)

Subhanallah.. Alhamdulillah...
Dalam beberapa pendapat, hadits ini tidak dimaknai secara tekstual. Bukan berarti kita tidak boleh menjawab salam yang didahului pembicaraan.

Dalam kitab Tanqihul Qoul, syekh Imam Nawawi Al-Banteni menjelaskan bahwa maksud hadits ini adalah seruan akan pentingnya uluk salam dan kecaman bagi yang meninggalkan salam.

Kita tetap berusaha memberi salam sebelum berbicara atau menulis apapun. Jikapun dilupakan, maka kita berusaha tetap menebar salam dalam rangka menjalankan perintah Allah dan Rasul-Nya.

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ أَمَرَنَا نَبِيُّنَا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُفْشِيَ السَّلَامَ

_Dari Abu Umamah dia berkata, "Nabi kita ﷺ menyuruh kita supaya menebar salam."_ (HR. Ibnu Majah : 3683)

Dan kita berusaha tetap menjawab salamnya orang muslim kepada kita, baik didahului pembicaraan lain ataupun tidak.

Kita berusaha menjawab salam lebih dari apa yang orang lain do'akan kepada kita. Misalnya : Assalamu'alaikum, kita jawab : Wa'alaikum Salam Warohmatullahi,  Assalamu'alaikum Warahmatullahi, kita Jawab : Wa'alaikum Salam Warohmatullahi Wabarokatuh, dan seterusnya.

Dalam Al Qur'an Allah berfirman :

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٖ فَحَيُّواْ بِأَحۡسَنَ مِنۡهَآ أَوۡ رُدُّوهَآۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٍ حَسِيبًا

_"Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu"._ (QS. An-Nisa : 86)

Semoga Allah SWT senantiasa memberi keselamatan, Rahmat, keberkahan dan ampunan-Nya kepada kita semua.

Yaa Allah.. Ampuni kami..
Terimalah amal baik kami..
Dan bimbing kami semua kejalan yang lurus. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin

_Semoga bermanfaat_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar