MUTIARA ILMU

Kamis, 07 November 2024

WONG LIYO IKU _DUDU AWAKMU ...... !_*

*Thing thong - Thing thong*

*( 2218 )   PITUTURE  SIMBAH  BIYEN*

*WONG LIYO IKU      _DUDU  AWAKMU ...... !_*

*Wong liyo iku     _ojo mbok anggep podho karo awakmu........ !_*

*Anane  dugo kiro / nyongko / ngarani ( Nudhuh )  marang wong liyo iku  .....    _rak mbok anggep wong liyo iku podho karo awakmu dewe ........._*

*yen awakmu iso dipercaya .....  _mesti awakmu yo gampang percoyo marang wong liyo..._*

*yen awakmu jujur  ...... _mesti awakmu nganggep yen wong liyo iku  yo jujur podho karo awakmu...._*

*yen awakmu seneng Curang / slintutan  ...... _mesti awakmu nganggep yen wong liyo iku yo tumindak Curang / slintutan koyo awakmu...._*

*yen awakmu Seneng slingkuh .......     _mesti awakmu nganggep yen wong liyo iku yo seneng slingkuh koyo awakmu......_*

*yen awakmu seneng ngapusi .......    _mesti awakmu nganggep yen wong liyo iku yo seneng ngapusi koyo awakmu......_*

*kamongko won liyo iku      _Dudu    awakmu ......_*

*mulo wong Liyo iku      _ojo  mbok anggep podho marang Awakmu....._*

*Sejatine yen Awakmu ndugo kiro/nyongko iku ...........     _artine ........ awakmu dewe sek biasa nglakoni kang koyo ngono iku....._*   banjur  wong liyo mbok  pada ake marang awakmu dewe.....

Maka     *jangan terlarut      _berprasangka buruk,  Ghibah,  Fitnah,  Mencela,  Menjelekkan,  rasa Tak Percaya , Menuduh, Mengira-ira buruk, Penuh Kebencian_*

Karena kita tidak tahu Apakah dosa dan kesalahan kita diampuni atau tidak
Kembalilah kepada apa yang telah dituntunkan oleh Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam . 
*bagaimana kita harus bersikap,  bertindak dan  mengambil langkah tanpa meninggalkan akhlakul karimah*

Semoga semua kita selalu dalam keadaan *Iman, Ikhlas, Sabar, Istiqomah, Sehat, Bahagia dan pandai Bersyukur*
Aamiin

Ubaidillah bin Ahmad Ba'alawi Perspektif ilmu sejarah

*"Apakah Ahli Sejarah Berhak Mengkritisi Ilmu Nasab? Bukti Kejanggalan Ubaidillah bin Ahmad yang Membongkar Klaim Keturunan Ba'alawi"*
Pendekatan dari disiplin sejarah, filologi, dan genetika.
*1. Hubungan antara Ilmu Sejarah dan Ilmu Nasab*
Ilmu sejarah dan ilmu nasab memang memiliki pendekatan yang berbeda-beda, namun keduanya saling berkaitan dalam kajian tentang garis keturunan. Sejarah mengandalkan bukti tertulis, artefak, dan catatan kronologis untuk mengungkap masa lalu. Sementara ilmu nasab fokus pada pencatatan garis keturunan yang valid, menggunakan bukti silsilah dan, dalam era modern, ditunjang oleh analisis genetika.
• *Para ahli sejarah dapat masuk ke ranah ilmu nasab* jika mereka memasukkan keabsahan klaim-klaim nasab dengan mengandalkan catatan-catatan sejarah. Jika suatu silsilah atau tokoh dalam nasab tersebut tidak memiliki bukti sejarah yang mendukung keberadaannya, maka ahli sejarah berhak untuk meragukan atau menyanggah keabsahannya.
• *Sebaliknya, ahli nasab* yang mempelajari silsilah suatu keluarga atau klan juga harus berpedoman pada bukti sejarah. Jika ada klaim bahwa seseorang merupakan keturunan tokoh tertentu, klaim tersebut harus didukung oleh catatan yang dapat dibuat secara historis.
*2. Kejanggalan Tokoh Ubaidillah bin Ahmad*
Tokoh yang sering disebut sebagai Imam Ubaidillah bin Ahmad adalah pusat yang terdapat dalam klaim nasab Ba'alwi. Menurut klaim klan Ba'alwi, Ubaidillah bin Ahmad adalah seorang Imam terkemuka, hidup di abad ke-4 Hijriah, dan konon merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Namun, ada beberapa kejanggalan mendasar yang perlu dijelaskan:
• *Tidak Ada Catatan Sejarah Selama 550 Tahun* : Jika benar Ubaidillah bin Ahmad adalah seorang Imam yang berpengaruh dan keturunan Nabi Muhammad SAW, sangat aneh bahwa selama 550 tahun setelah masa hidupnya, tidak ada satu pun sejarawan yang mencatat tentang keberadaannya. Seorang tokoh yang disebut Imam biasanya dihormati dan dihormati, dengan catatan sejarah yang mencerminkan pengaruhnya. Fakta bahwa tidak ada bukti tertulis selama lebih dari setengah milenium menunjukkan kejanggalan yang serius.
• *Ketiadaan Karya Tulis* : Salah satu indikasi penting bahwa seseorang adalah seorang ulama atau Imam besar adalah keberadaan karya-karya ilmiah atau kontribusi keilmuan yang dapat dilacak. Ubaidillah bin Ahmad, meskipun dianggap sebagai Imam, tidak meninggalkan satu pun karya atau tulisan yang diakui secara historis. Ini adalah kejanggalan yang besar, mengingat ulama besar pada zamannya pasti meninggalkan jejak intelektual.
• *Indikasi Tokoh Fiktif* : Ketidakhadiran bukti-bukti sejarah dan ketiadaan karya tulis menunjukkan bahwa Ubaidillah bin Ahmad lebih menyerupai tokoh fiktif yang dimunculkan untuk mendukung silsilah yang dirancang belakangan. Dalam dunia keilmuan, klaim-klaim nasab yang tidak memiliki bukti sejarah sering kali meragukan kebenarannya.
*3. Pentingnya Pendekatan Ilmiah*
Ilmu sejarah dan ilmu nasab tidak dapat dipisahkan dalam klaim-klaim yang mencakup garis keturunan. Dalam kasus Ubaidillah bin Ahmad, pendekatan ilmiah yang mencakup:
• *Sejarah* : Mengevaluasi keberadaan tokoh-tokoh dalam silsilah dengan catatan sejarah.
• *Filologi* : Mengkaji teks-teks kuno yang berkaitan dengan klaim keturunan, untuk memastikan otentisitasnya.
• *Genetika* : Menggunakan teknologi modern untuk memverifikasi klaim keturunan secara ilmiah.
Ahli sejarah dan ahli nasab bisa bekerja sama untuk memverifikasi atau menyangkal klaim-klaim keturunan. Dalam hal ini, kejanggalan sejarah terkait Ubaidillah bin Ahmad mendukung argumen bahwa klaim Ba'alwi tidak dapat diterima tanpa bukti yang kuat.

*Kesimpulan*
Ahli sejarah berhak mengklaim bahwa Ubaidillah bin Ahmad adalah tokoh yang skeptis karena tidak adanya bukti sejarah yang mendukung klaim tersebut. Tanpa catatan sejarah, jejak intelektual, atau bukti-bukti ilmiah lainnya, klaim klan Ba'alwi harus dibahas dan dipertimbangkan sebagai konstruksi fiktif daripada fakta sejarah.